Jumat, 14 Januari 2011

Pengaturan pada roda depan mobil


Pengaturan atau setting pada roda depan mobil perlu dilakukan untuk memperoleh kestabilan yang baik maupun untuk tujuan khusus seperti balapan. Pengaturan yang perlu dilakukan pada roda depan mobil antara lain : camber, toe in/out, caster, dan kingpin inclination.

Camber
Menurut standar ISO 8855 dan DIN 70000 camber adalah sudut antara bidang tengah roda dan sebuah bidang vertikal yang tegak lurus dengan jalan. Camber dibedakan menjadi camber positif dan negatif. Camber positif pada mobil yang berisi dua atau tiga penumpang dapat membuat putaran roda selurus mungkin pada jalan yang berkelok dan memberikan gesekan roda yang rendah, namun lebih cepat aus. Umumnya camber positif berkisar antara 5 menit sampai 10 menit. Sedangkan camber negatif dapat memberikan cengkraman ban yang kuat pada saat berbelok (tidak mudah slip) dan menambah kemudahan handling. Camber negatif umumnya berkisar antara 0 derajat sampai -1 derajat 20 menit .


Toe in/out
Menurut standar ISO 885 dan DIN 70000, sudut statis toe in/out adalah sudut antara bidang tengah kendaraan pada arah longitudinal dan garis yang memotong bidang tengah dari salah satu roda dengan bidang jalan. Sudut total toe in/out dihitung dengan menambah sudut toe in/out kiri dan kanan.


Caster
Caster ditunjukan dengan dua satuan yang berbeda yaitu sudut caster dan jejak caster. Menurut ISO 8855 dan DIN 70000 sudut caster adalah sudut antara sumbu steering yang diproyeksikan pada bidang yang tegak lurus jalan dan sebuah garis vertikal yang melalui titik tengah roda. Sedangkan jejak caster adalah jarak antara sebuah titik hasil dari perpanjangan sumbu steering dengan titik tengah roda pada permukaan jalan. Untuk keperluan pengaturan biasanya hanya dilakukan pengaturan sudut caster saja.


Kingpin Inclination
Kingpin inclination atau steering axis inclination menurut ISO 8855 dan DIN 70000 adalah sudut yang muncul antara sumbu steering dan garis vertikal yang tegak lurus dengan jalan. Sudut ini umumnya berkisar antara 11 derajat sampai 15 derajat 30 menit.

Untuk lebih jelasnya tentang pengaturan pada roda depan mobil, Anda dapat melihat video berikut ini :



Demikian penjelasan dari saya, semoga menambah pengetahuan Anda.
Terima kasih







Sumber : The automotive chassis : Engineering Principles by Prof. Dipl. - Ing. Jornsen Reimpell and Dipl. - Ing. Helmut Stoll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar